PROMOTION MIX
PROMOTION
MIX (revisi)
![Hasil gambar untuk promotion mix](https://www.marketing91.com/wp-content/uploads/2015/11/Promotional-mix.jpg)
Promotion Mix atau bauran promosi
adalah Kombinasi strategi yang paling baik dari unsur-unsur promosi yang
digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Philip
Kotler dan Gary Armstrong (2004:600), menyatakan bahwa:
“Bauran promosi merupakan bauran tertentu pemasangan iklan
(advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan alat-alat pemasaran
langsung (direct marketing) yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai
tujuan-tujuan pemasangan iklan dan pemasaran”.
Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah:
“Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel
Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya
direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”.
Unsur-unsur promotion mix/bauran pemasaran antara lain:
Advertising (Iklan)
Advertising atau iklan merupakan bentuk komunikasi non individu
tentang suatu produk, merk, perusahaan atau toko melalui media tertentu dengan
membayar sejumlah biaya tertentu. Tujuan utama iklan adalah mempengaruhi afeksi
dan kognisi konsumen untuk meningkatkan permintaan (pembelian) atas produk yang
ditawarkan perusahaan. Di sisi lain iklan juga berfungsi untuk membangun citra
produk dalam jangka panjang.
Manfaat iklan menurut Indrayana (2009) adalah :
·
Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang
sekaligus.
·
Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk
dan perusahaan.
·
Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan
produknya melalui penggunaan cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.
![Hasil gambar untuk promotion mix](https://image.slidesharecdn.com/promotionalmix-120620131300-phpapp02/95/promotional-mix-3-728.jpg?cb=1340198100)
Direct Marketing
Direct marketing melibatkan penggunaan e-mail, telepon, fax,
ataupun alat-alat lainnya untuk berkomunikasi dengan konsumen untuk mendapatkan
tanggapan secara langsung. (Zeithaml,2006:499). Contohnya; pada iklan Kozui
Slimming Suit, pada saat penayangan iklan disebutkan juga nomor telepon yang
dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan, hal ini
memungkinkan perwakilan dari perusahaan untuk berkomunikasi dan mendapatkan
respon secara langsung dari konsumen.
Personal Selling
Personal selling melibatkan interaksi secara langsung antara
penjual dengan pembeli potensial. Personal selling merupakan alat yang paling
efektif terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli.
Alasannya adalah karena penjualan pribadi, jika dibandingkan dengan periklanan,
memiliki tiga manfaat tersendiri:
·
Personal selling mencakup hubungan yang hidup, langsung dan
interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat melihat
kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan segera melakukan
penyesuaian.
·
Personal selling memungkinkan timbulnya berbagi jenis hubungan
mulai dari hubungan penjualan sampai ke hubungan persahabatan. Wiraniaga yang
efektif harus terus berupaya mengutamakan kepentingan pelanggan jika mereka
ingin mempertahankan hubungan jangka panjang.
·
Personal selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk
mendengarkan pembicaraan wiraniaga. Pembeli terutama sekali harus menanggapi,
walau tanggapan tersebut hanya berupa ucapan “terima kasih” secara sopan.
Publisitas
Menurut Basu Swastha (2000:273), publisitas adalah sejumlah
informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke
masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari
sponsor. Bila dibandingkan dengan alat promosi yang lain, publisitas memiliki
beberapa kebaikan antara lain :
·
Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan
·
Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan
·
Jauh lebih murah, karena tanpa biaya
·
Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar
atau pada posisi lain yang menyolok.
Public Relation
Public Relation atau hubungan masyarakat adalah salah satu
kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk mengetahui perilaku publik,
mengidentifikasi isu-isu terkait dengan masyarakat, dan mengembangkan hubungan
yang baik di antara perusahaan dan para pemangku kepentingan. Public relation
digunakan untuk mempromosikan perusahaan, orang-orangnya, ide-idenya, dan
gambarannya dan bahkan menciptakan saling pengertian di antara karyawan. Public
Relation dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk ataupun
perusahaan, dan dapat membentuk image seperti kualitas, inovatif, nilai,
ataupun perhatian terhadap isu-isu sosial. (Ferrell dan Hartline, 2008:294)
Sales Promotion
Sales promotion adalah rangsangan langsung yang diberikan
perusahaan kepada konsumennya dengan tujuan untuk meningkatkan keinginan
membeli produk. Rangsangannya bisa dalam berbagai bentuk, antara lain :
·
Pemberian contoh barang secara cuma-cuma.
·
Kupon berhadiah
·
Rabat, merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli
·
Potongan harga
·
Peragaan, memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat
dan situasi tertentu
Event Sponsorship
Event sponsorship adalah salah satu bentuk promosi dengan cara
perusahaan memberikan sponsor kepada sebuah acara atau program tertentu, yang
memungkinkan konsumen pada saat melihat acara tersebut secara otomatis akan
melihat atupun teringat pada produk ataupun perusahaannya. Contoh dari event
sponsorship adalah yang dilakukan oleh perusahaan rokok Djarum yang mensponsori
Liga Indonesia. Melalui acara Liga Indonesia tersebut, rokok Djarum menjadi
semakin dikenal oleh masyarakat.
Media elektronik
Media elektronik adalah salah satu bentuk promosi yang sedang
populer pada saat ini, contohnya adalah promosi melalui jejaring sosial
misalnya facebook, twitter. Selain itu website resmi perusahaan juga merupakan
sarana yang baik untuk promosi.
Komentar
Posting Komentar